Bupati HM Sukamta Ajak IDI Pusat Ikut Tingkatkan Layanan Kesehatan Di Tala

Bati - Bati - Hadirnya ketua umum dan jajaran Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Pusat pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Pandahan tidak disia-siakan Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta. 

Ia pun mengajak IDI Pusat untuk ikut mendukung dan membantu Pemkab Tala meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. 

Hal tersebut Ia sampaikan dalam sambutannya pada MTP ke-116 di Desa Pandahan, Kecamatan Bati-Bati, Jum'at (19/5/2023).

"Saat ini kami sedang proses membangun rumah sakit baru di Kecamatan Bumi Makmur. Sehingga akan ada tiga rumah sakit dengan RSUD H Boejasin sebagai pusatnya. Kita pasti akan memerlukan tenaga dokter tambahan. 

Saya harap IDI Pusat juga bisa membantu kami dengan tambahan tenaga dokter agar bersedia mengabdi di Tala dan sama-sama meningkatkan layanan kesehatan masyarakat", ungkapnya.
Sukamta kembali menegaskan bahwa layanan kesehatan adalah salah satu prioritas kebijakan pemerintahannya. Hal ini terbukti dengan penambahan rumah sakit baru dan status Tala yang saat ini sudah berstatus Universal Health Coverage (UHC).

"Selama 5 tahun pemerintahan kami, layanan kesehatan termasuk prioritas. Kami sadar masa depan Tala ditentukan sejauh mana kita bisa melahirkan generasi-generasi yg sehat, sehingga bisa produktif dan bisa melanjutkan pembangunan dengan baik. Alhamdulillah sejak tahun 2020 kita sudah UHC dengan presentase 98,2% dan ini tentunya tidak lepas dari sinergitas yang baik antara Pemkab Tala dengan IDI", tambahnya.
Keberadaan jajaran pengurus IDI di MTP Desa Pandahan sekaligus memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-115. Selain layanan gratis dari SKPD pada kegiatan MTP, berbagai layanan kesehatan gratis beserta dokter spesialis pun disediakan bagi masyarakat yang memerlukan. Pada kesempatan ini Bupati Sukamta bersama jajaran pengurus IDI juga melakukan peresmian jamban sehat dan sumur air bersih (sumur bor).

Hadir pada acara tersebut Vice President Danone Indonesia Vera Galuh Sugianto, Ketua Umum PB IDI dr Mohammad Adib Khumaidi, Ketua IDI Wilayah Kalimantan Selatan dr Sigit Prasetya Kurniawan, para kepala SKPD, Camat Bati-Bati Ade Gumilar, para kepala desa dan masyarakat sekitar. (PROKOPIM)
Lebih baru Lebih lama