Bupati Tanah Laut HM Sukamta Pimpin Upacara Hardiknas 2023

Kalimantan24.com - Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta, menjadi inspektur upacara dan membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Nadiem Anwar Makarim dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Tala, Selasa (2/5/2023).
Pada kesempatan ini Sukamta menyampaikan, dalam tiga tahun terakhir bidang pendidikan sudah membuat sebuah lompatan besar dalam proses pembelajaran yaitu sudah mengikuti kurikulum merdeka belajar, ada kemudahan dan fleksibilitas didalam belajar tidak hanya di kampus tetapi sudah bisa belajar lewat mana saja. 

“Sebuah kemajuan besar didalam dunia pendidikan telah kita lewati dalam tiga tahun terakhir, ini tentunya akan sangat memudahkan baik itu siswa-siswi maupun mahasiswa yang dalam belajar dari mana saja tanpa harus tatap muka,” terang Sukamta.
Kemudian dilanjutkan bupati, guru juga diberikan kebebasan bagaimana memberikan pembelajaran tidak hanya terpaku kepada buku seperti dulu, tetapi juga menyangkut kompetensi, karakter, minat sebagaimana cita-cita dari Ki Hajar Dewantara yaitu membangun sumberdaya manusia itu berbasis kepada karakter, bakat, minat dan kompetensi. Selain itu, ada fleksibilitas dalam pengelolaan biaya operasional sekolah ataupun biaya operasional pendidikan (BOP) karena menyesuaikan dengan kurikulum merdeka belajar.

“Saya kira inilah yang harus terus kita kembangkan kedepan agar bangsa kita terutama Bumi Tuntung Pandang bisa melakukan lompatan-lompatan besar dimasa yang akan datang sesuai dengan tantangan zaman,” ucap Sukamta.

Dalam kesempatan ini Bupati Sukamta, juga memberikan apresiasi kepada peserta upacara yang menggunakan baju adat dan sangat serius dalam mengikuti upacara meskipun menghadap matahari.
Ia menghadiahi tiga peserta apel dengan Televisi 32 inc yang akan diserahkan saat kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) Desa Kurau Utara Kecamatan Kurau pada Jumat (5/5/2023) mendatang.(Prokopim)

Editor : Redaksi K24
Lebih baru Lebih lama