HM Sukamta: Petani Harus Tanam Padi Bibit Unggul Varietas "Cakra Buana" Agar Tidak Gagal Penen

Editor       : Redaksi K24

Kalimantan24.com - Bupati Tala HM Sukamta memberikan perhatian terkait efek kondisi cuaca tidak menentu terhadap keberlangsungan sektor pertanian terutama di kawasan lumbung pangan seperti Kecamatan Kurau dan Kecamatan Bumi Makmur.

Hal itu Ia sampaikannya pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) Desa Maluka Baulin, Kecamatan Kurau pada Jum'at (13/5/2023).

HM Sukamta mengungkapkan bahwa dengan melihat cuaca seperti sekarang yang mana terjadi penurunan air yang sangat tinggi akibat cuaca panas yang menyerang sebagian besar wilayah Indonesia

Menurutnya para petani di Kabupaten Tala harus menggunakan bibit padi unggul karena bibit lokal tidak memungkinkan ditanam pada cuaca seperti sekarang, 

Sukamta mengatakan bahwa petani bisa menanam bibit unggul varietas "Cakra Buana" yang dapat panen dalam waktu 90 hari, 

"Varietas Cakra Buana bisa bertahan sepanjang lahan pertanian masih basah, ini adalah usaha kita untuk menghindari petani kita gagal tanam. Tahun kemarin sudah gagal panen gara-gara tungro, tahun ini jangan sampai gagal tanam. Mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri dengan cuaca ekstrim seperti sekarang,"ujarnya. 
Dalam kesempatan tersebut  bupati juga menjelaskan bahwa program MTP yang pemerintahannya jalankan merupakan sarana untuk mempermudah komunikasi antara pejabat dengan masyarakat, 

"Makanya pejabat-pejabat kita bawa  supaya bisa saling mengenal antara masyarakat dengan pejabat,"ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut bupati juga mengajak Aparatur Pemerintahan Desa dan masyarakat untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan, 

"Iurannya murah cuma Rp 16.800 manfaat yang didapat luar biasa besar, ada santunan bahkan beasiswa untuk anak yang ditinggalkan yakni biaya sekolah sampai dengan kuliah. Iuran perbulannya lebih murah dari rokok bapak-bapak sebungkus,"pungkasnya. 
Usai pembukaan kegiatan MTP Sukamta melaksanakan salat Jum'at berjamaah bersama masyarakat Desa Maluka Baulin sekaligus menjadi khatib. 
Setelah itu bupati melakukan pertandingan sepakbola melawan Maluka Baulin FC,  Sukamta sendiri membela PS Setda Tala dan mencetak tiga buah gol yang mana dua dari gol tersebut berasal dari sundulan orang nomor satu di Kabupaten Tala tersebut. Sampai peluit panjang dibunyikan PS Setda Tala pun  unggul 0-5 dari tim tuan rumah. (Prokopim)
Lebih baru Lebih lama