"INI OKE BANGET" PT Arutmin Site Kintap Gelar Pelatihan Untuk UMKM Di Desa Muara Kintap

Pewarta  : Alimuddin
Editor      : Aar Tala

Kalimantan24.com - PT Arutmin Site Kintap gelar pelatihan UMKM di rumah Ibu Herni Wati  Desa Muara Kintap, Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut, Minggu (21/5/2023).

Pelatihan yang di prakarsai oleh PT Arutmin Site Kintap diikuti 14 ( empat belas ) peserta dari ibu-ibu dan remaja serta sejumlah aparat Desa dan Anggota BPD.

Dalam kegiatan pelatihan UMKM ini PT Arutmin Site Kintap Bekerja sama dengan sejumlah Universitas Banjarmasin dan Banjarbaru.

Kegiatan Pelatihan UMKM  dibimbing langsung oleh Ibu  Dr Rina Iskandar, S,Pi. MS. dari  Prodi Budidaya Perairan universitas Achmat Yani Banjarmasin, Ibu  Sri Ramadhana, S. Pi, MP. dari  Prodi Budidaya Perairan Universitas Achmat Yani Banjarmasin, Ibu  Dr. Ir. Rini Marlinda, MP. 

Selaku Prodi Budidaya Perairan Universitas Achmad Yani Banjarmasin dengan tema pelatihan belajar membuat sambal yang berbahan baku dari udang rebon atau yang biasa disebut udang Papay. 
Pelatihan membuat sambal yang berbahan baku udang rebon di mulai sekitar jam 10,00 WITA. 

Tampak puluhan peserta itu sangat antusias mengikuti praktek yang disampaikan oleh pembina dalam pelatihan tersebut.

Anggota BPD Desa Muara Kintap Ibu Hj Nosalinda dalam tanggapanya beliau mengatakan, 

"Bahwa kegiatan hari ini sangat bermanfaat, setelah pelatihan hari ini kami akan memperaktekkan kembali agar komposisi dan rasanya lebih pas lagi, " Ujarnya. 

Ibu Hj Nosalinda mengungkapkan harapannya.

"Kedepan agar pelatihan ini tidak berhenti sampai disini saja, Namun pruduk ini bisa bisa sampai ke pasar nasional." Harapnya.

Selain itu perwakilan PT Arutmin Site Kintap Bapak  Ahmat Rifa'i juga menyampaikan apa yang menjadi tujuan kegiatan itu.

"Bahwa kegiatan ini bertujuan untuk pembinaan terhadap wanita nelayan Desa Muara Kintap untuk pemanfaatan hasil laut yang ada di pengumpul agar menambah lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian disektor kelautan dan perikanan. " Tuturnya.

Selain itu Rifa'i juga menyampaikan apa saja program PT Arutmin Site Kintap.

"Program kita kedepannya adalah pemanfaatan tambak udang serta budidaya kepiting Soka," Ungkapnya. 

Kepala Desa Muara Kintap Bapak Yuliadi juga memberi tanggapan mengenai kegiatan yang sangat positif tersebut.

"Saya selaku kepala Desa Muara Kintap tiada henti-hntinya mengucapkan terimkasih kepada PT Arutmin Kintap serta para dosen universitas bekenan membimbing warga kami dalam rangka pelatihan UMKM, dan PT Arutmin Kintap selalu hadir membantu apa saja kegiatan yang ada di desa kami ". ucapnya. 

Turut hadir dalam kegiatan UMKM ini Bapak Dr. Frans Tony, S.Pi, MP 
 Universitas Perikanan Lambung Mangkurat Banjarbaru,  Kepala Desa Muara Kintap Bapak Yuliadi. Penyuluh Perikanan Kabupaten Tanah Laut Bapak Yayan Yuliono, A , Md. Pi. Wakil Ketua BPD Desa Muara Kintap Bapak Jalil, Pendamping Desa Ibu Haerati.(*)
Lebih baru Lebih lama