Kapolres Banjar Kukuhkan Polisi RW, AKBP M Ifan : Bertujuan Mempererat Sinergitas Polri Dengan Masyarakat


Kapolres Banjar AKBP M. Ifan Hariyat T., S.H., S.I.K., M.H memimpin langsung jalannya apel dan pengukuhan Polisi RW
Kalimanta24.Com- Martapura - Kapolres Banjar AKBP M. Ifan Hariyat T., S.H., S.I.K., M.H memimpin langsung jalannya apel dan pengukuhan Polisi RW yang dilaksanakan di Halaman Mako Polres Banjar (19/6/2023).

Kapolres Banjar menyampaikan Program Polisi RW, ini adalah Program Yang di gelar oleh Kepolisian dalam mempererat sinergitas Polri dengan masyarakat

"Saya minta Polisi RW proaktif berkomunikasi dengan Ketua RW serta Ketua RT, berikan solusi dan saran maupun masukan terhadap setiap permasalahan yang muncul," kata Kapolres Banjar.

Dijelaskan AKBP Ifan, Polisi RW bertugas sejalan dengan Bhabinkamtibmas namun ruang lingkupnya lebih kecil pada tingkat RW.

Kemudian, Polisi RW merupakan tugas tambahan personel Polres Banjar dari fungsi atau staf, jadi tidak menetap seperti Bhabinkamtibmas.

AKBP Ifan menuturkan Polisi RW memiliki tugas dan tanggung jawab pada bidang lain sekaligus tugas tambahan dalam membina kamtibmas di tingkat RW.

AKBP Ifan menyebut Polisi RW diharapkan bisa melakukan penyelesaian terhadap segala permasalahan dengan cepat dan bisa mencegah terbentuknya potensi kejahatan di lingkungan masyarakat pada lingkup terkecil.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Polisi RW bekerja sama dengan perangkat RW atau RT di desa atau kelurahan setempat untuk melakukan "security assessment" atau penilaian keamanan dan melakukan respon bagaimana masalah dapat selesai atau problem solving.

"Prinsipnya, terwujudnya RW yang sejuk dan aman adalah keberhasilan Polisi RW bersama perangkat RW setempat dan elemen masyarakat lainnya," pungkas Kapolres.

Kegiatan apel dan pengukuhan Polisi RW Polres Banjar di ikuti oleh Waka Polres Banjar Kompol Boma Wedhayanto P., S.E., S.I.K., para PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Banjar serta anggota dan ASN Polres Banjar. (Rilis)


Lebih baru Lebih lama