Pesan Seorang Guru Honorer Ke Nadiem Lewat Jokowi : Jangan Ada Marketplace Guru

Editor    : Kalimantan24.com
Yogyakarta,-Salah seorang warga menyampaikan keluh kesahnya tentang perubahan sistem perekrutan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah menyisir pedestrian kawasan wisata Malioboro, Kota Yogyakarta, Sabtu (3/6/2023) malam.

Jokowi semula menaiki mobil dari Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Gedung Agung dan turun di sebelah utara kawasan Malioboro. 


Kemudian ia berjalan kaki di sisi timur pedestrian ke arah selatan mengarah Gedung Agung.Sepanjang langkahnya, Jokowi jadi sasaran banyak pengunjung kawasan Malioboro yang berebut ingin berswafoto. 

Termasuk Dini Ika Lestari adalah salah satunya. Ia mendapat kesempatan untuk berfoto bareng orang nomor satu di RI.


Di sela-sela momen foto bersama itu, Dini yang ternyata merupakan guru honorer itu menitipkan sebuah pesan kepada Jokowi untuk Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menyangkut nasib profesinya.

"Bisa ngeluapin tadi sih bilangnya, 'mohon maaf ya, Pak Jokowi tolong bilangin Mas Menteri (Nadiem) jangan ada marketplace guru', gitu," kata Dini yang asli Tangerang itu kepada wartawan, Sabtu.3/6/2023.

Sistem Rekrutmen Guru PPPK Pakai Marketplace ala Nadiem Rencananya di Berlaku 2024.

"Kita kan sebagai guru, apalagi sudah honorer sepuluh tahun. Iih ibu saya, udah lebih berpuluh-puluh tahun belum diangkat jadi PNS, tolong lah pak ya," sambungnya.

Dia pun berharap Nadiem bersedia turun ke lapangan untuk mengecek langsung kondisi para guru-guru honorer di daerah. Dini sendiri saat ini sedang berada di Yogyakarta bersama rekan-rekan seprofesinya.

"Please banget, ya kalau kali-kali boleh gitu, para menterinya turun ke bawah melihat guru-guru ini di lapangan kaya apa, ya Mas Menteri Nadiem Makarim," imbuh dia.

"Tolong diperhatikan lagi, kesejahteraan guru-guru honorer di negeri dan swasta, kasihan lho. Jadi sebenarnya kita nggak mau ada PPPK apa lah itu, maunya udah PNS aja," pungkasnya.

Selama perjalanannya kembali ke Gedung Agung, Jokowi juga sempat memberikan bantuan kepada sejumlah pedagang asongan.(cnni)
Lebih baru Lebih lama