PT Pertamina Akan Luncurkan BBM Jenis Baru Pada Bulan Ini, Apakah Itu.?

Jakarta- PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan produk baru bulan ini. Produk tersebut ialah bioetanol yakni Pertamax dicampur dengan etanol.

Hal ini di sampaikan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam konfrensi persnya, di Jakarta, Selasa (6/6/2023) kemarin.

Ia mengatakan, bagi Pertamina, transisi energi bukan sekadar hanya menurunkan karbon emisi, melainkan mewujudkan kemandirian energi. Oleh karena itu, pihaknya akan mengembangkan energi yang berbasis sumber daya alam Indonesia.

Nicke kemudian mengatakan, Pertamina akan meluncurkan bioetanol pada bulan ini.

"Jadi nanti kita di bulan ini, nggak apa-apa ya Pak Alfian kita bocorin dulu, kita mau launching produk baru, yaitu bioetanol. Jadi Pertamax itu kita campur dengan etanol," katanya 

Nicke mengatakan, etanol tersebut berasal dari produk samping tebu. Dia mengatakan, pemanfaatan etanol ini tidak akan mengganggu pabrik gula.

"Etanolnya itu dari molasses tebu, ini nanti rebutan nggak dengan pabrik gula? Enggak, ini cuma tetes tebu aja, jadi pabrik gula jalan ada tetes tebunya dan potensi kita besar. Selain itu juga bisa dibuat dari cassava, dari singkong, dari jagung juga," ujarnya.

Dia melanjutkan, pihaknya akan terus melakukan riset-riset untuk menghasilkan bioenergi.

"Jadi kita akan terus lakukan riset-riset untuk menghasilkan bioenergi dari bahan baku nabati," tandasnya.(*)
Lebih baru Lebih lama