Kapal Pembawa Minyak Ratu Yamani Terbakar Di Laut Tabanio


Kalimantan24.com - kapal Tanker SPOB Ratu Yamani pengangkut minyak untuk suplai SPBU di Kalimantan Selatan mengalami kebakaran di perairan Tabanio, Rabu 12 Juli 2023 sekitar jam 15,45 WITA.

Informasi kebakaran kapal langsung di terima oleh kepala kantor pencarian dan pertolongan Banjarmasin Al Amrad S.sos berdasarkan info dari bapak Basuki (KKP Banjarmasin).



Setelah menerima informasi tersebut kami langsung memberangkatkan KN SAR Laksamana 241 Menuju kelokasi guna melakukan melakukan intercept kepada para korban dan melakukan pengecekan kapal untuk memastikan bahwa sudah tidak ada korban lain. Tambah Al Amrad

Pada pukul 20.05 WITA KN SAR Laksmana 241 Tiba Di LKP dan langsung berkoordinasi terhadap crew kapal SPOB Ratu Yamani dan pemantauan pemadaman api yang dilakukan oleh 2 kapal TB MBP, setelah pendinginan kapal dilanjutkan dengan Pengecekan diatas kapal untuk memastikan tidak ada lagi korban yang terjebak dalam kapal.



Kapal SPOB Ratu Yamani tersebut berlayar dari Kotabaru menuju Banjarmasin dan di perairan Tabanio terjadi kebakaran dan untuk korban yang merupakan crew kapal berjumlah 12 orang berhasil di evakuasi oleh kapal KRI Escolar 871 dengan selamat.

“kami juga melakukan intercept dengan KRI Escolar 871 terhadap 2 crew Kapal SPOB Ratu Yamani yaitu Capten Kapal An. Amir Mahmud (Nahkoda) dan An. Guntur Susanto (KKM) untuk dibawa ke Dermaga SAR Basirih dan 10 orang crew yang selamat lainnya menetap di kapal SPOB Ratu Yamani dengan kondisi kapal yang sudah aman.” Ujar Capt Jahrudin, Kapten KN SAR Laksamana 241 

Dan pada pukul 00.10 Wita  KN SAR Laksmana 241 sandar di dermaga SAR basirih Banjarmasin dan menyerahkan 2 crew Kapal SPOB Ratu Yamani ke KSOP Banjarmasin, untuk di mintai keterangan penyebab terjadinya kebakaran tersebut.( Rilis SAR BJM)

Lebih baru Lebih lama