Lagi Mau BAB Tiba-Tiba Duarrr..! Septic Tank WC Meledak Dan Pria Ini Terkapar

Kalimantan24.com - Nasib Apes yang di alami seorang Pria berinisial YS (26) lagi mau buang air besar (BAB) sambil merokok dalam kamar mandi kostnya yang berada di Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan pada Jumat lalu (7/7/2023) Tiba-tiba Duaaarr..! Septic Tank Meledak.

Akibat Ledakan tersebut hingga menyebabkan separuh bangunan kamar kost nomor 7 dan 8 yang dihuni korban hancur.

Selain itu, warga harus mengevakuasi korban ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamaddukelleng, Wajo karena mengalami luka bakar cukup serius.

Kapolres Wajo AKBP H. Fatchur Rochman mengungkapkan, olah TKP kemudian dilakukan oleh Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Sulawesi Selatan didampingi tim Inafis Polres Wajo.

Menurutnya, hasil olah TKP membuktikan ledakan terjadi karena adanya gas yang keluar dari septic tank.

"Penyebab ledakan tersebut adalah unsur gas yang mirip yang ada di septic tank dan pada saat yang bersamaan korban atau penghuni kamar kos menyalakan korek api dengan maksud untuk merokok sambil BAB," jelasnya ,Senin (10/7/2023) di kutip dari kompas.

Puslabfor Polda Sulawesi Selatan menduga gas sejenis gas metan itu yang kemudian memicu ledakan karena terkena percikan api.

Menurut Ahli toksikologi kimia dari Universitas Indonesia (UI) Budiawan mengungkapkan bahwa kotoran yang dibuang ke septic tank akan mengalami penguraian secara kimia dalam proses bernama anaerob kemudian Septic tank akan mengeluarkan gas metan.

Terkait kejadian tersebut diduga api rokok mengenai gas metan yang keluar dari lubang kloset yang terhubung dengan saluran septic tank. Hal tersebut kemudian menimbulkan ledakan.(red)

Lebih baru Lebih lama