Ngeyel! Tak Mau Di Peringati Warga, Mobil Luxio Ini Pun Di Libas Kereta Api 423 Dan 6 Tewas 2 Luka Berat

Evakuasi 6 Orang Korban Tewas Dalam Laka Maut KA 423 VS MPV Daihatsu Luxio

Kalimantan24.com-Kecelakaan maut terjadi antara Kereta Api 423 (Rapih Dhoho) dengan MPV Daihatsu Luxio dengan nomor polisi L 1009 XD di perlintasan sebidang tidak terjaga tepatnya km 85 antara stasiun Jombang - Sembung, Jawa Timur.

Akibat kejadian kecelakaan di Jalan Raya Dusun Gondekan, Desa Jabon, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Sabtu (29/7/2023) malam tersebut.Di kabarkan enam orang meninggal dunia serta dua lainnya luka berat. Korban saat ini sudah di RSUD Jombang untuk perawatan lebih lanjut.

Berikut daftar korban tewas:
1. Wahyu Kuswoyo (42), sopir mobil
2. Sumiyowati (60), warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung temenggungan, Balengbendo, Sidoarjo
3. Alinsya Mareta Mingkana (16), warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung temenggungan, Balengbendo, Sidoarjo
4. Sutria Ningsih (38), warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung temenggungan, Balengbendo, Sidoarjo
5. Adelia (19), warga Desa Kedungpadang, Rejoso, Nganjuk
6. Arimbi (11), warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung temenggungan, Balengbendo, Sidoarjo

Jenazah Korban Tiba Di rumah duka 

Kronologis Kejadian

Informasi warga sekitar kejadian menyebutkan kecelakaan itu berawal saat kereta api sedang melaju pada Sabtu (29/7) malam sekitar pukul 23.14 WIB. Pada saat waktu yang bersamaan, mobil tersebut juga hendak lewat.

Mobil tersebut melaju kencang dari arah utara ke selatan. Pengendara juga sudah diperingatkan dan diteriaki oleh warga yg melihat namun tidak mendengar dan tetap melaju terus melewati perlintasan Kereta Api . Akibatnya kecelakaan maut pun tak terhindarkan mobil itu pun di hajar tanpa ampun oleh KA 423 Dhoho tersebut.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang Ipda Anang Setiyanto mengatakan, Luxio dikemudikan Wahyu Kuswoyo (45), warga Sidoarjo. Minibus warna silver ini mengangkut 7 penumpang dan 1 sopir.

"Rombongan yang diperkirakan satu keluarga," kata Anang kepada wartawan di RSUD Jombang, Minggu (30/7/2023), 

Sehingga total terdapat 8 orang di dalam Luxio bernopol L 1009 XD ini. Menurut Anang, kedelapan orang itu menjadi korban dalam kecelakaan ini. 6 di antaranya dinyatakan tewas. Semua korban telah dievakuasi ke RSUD Jombang.

"Untuk sementara hasil identifikasi kami ada 8 korban, 6 korban dinyatakan meninggal, yang 2 luka berat dirawat intensif di RSUD Jombang," jelasnya

Ipda Anang Setyanto mengatakan kasus ini sudah ditangani dari bagian Reserse dan Kriminal Polres Jombang. Kejadian di perlintasan tanpa palang pintu, jadi ditangani bagian reskrim.

Sementara itu Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto menegaskan PT KAI Daop 7 Madiun terus melakukan upaya koordinasi dengan pemerintah daerah terkait keberadaan perlintasan sebidang KA yang masih banyak tidak terjaga. 

Salah satu upayanya adalah melakukan penutupan perlintasan liar maupun penjagaan oleh warga.

Namun, ia meminta agar pengendara kendaraan juga selalu berhati-hati saat akan melintas di perlintasan sebidang KA. 

Pengemudi diimbau berhenti sejenak dan mematikan aman, tidak ada kereta api yang sudah dekat, dan baru melintas.

"Dengan tertibnya masyarakat pengguna jalan dan peran optimal seluruh stakeholder, diharapkan keselamatan di perlintasan sebidang dapat terwujud. Sehingga perjalanan kereta api tidak terganggu dan pengguna jalan juga selamat sampai di tempat tujuan," pungkas Supriyanto,(red)
Lebih baru Lebih lama