Setelah 2 Minggu Hilang Jemaah Asal Probolinggo Ini Akhirnya Di Temukan Meninggal Dunia Di RS Annur Mina

Kolase : Jemaah Haji, Dan Kakanwil Kemenag Jatim Husnul Maram

Kalimantan24.com-Seorang jemaah haji asal Probolinggo bernama Niron Sunar Suna (77) yang di kabarkan menghilang selama 2 minggu ini akhirnya ditemukan. 

Namun, Niron ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di rumah sakit RS Annur Mina.

Sebelumnya, Niron hilang sejak 29 Juni 2023. Jemaah haji asal kloter 65 ini hilang tak tau rimbanya usai melempar jumrah aqabah di Mina.

"Alhamdulillah, Bapak Niron sudah ditemukan. Informasi dari Ketua Kloter 65, Pak Hartono, Pak Niron ditemukan di RS Annur Mina dalam kondisi sudah wafat," kata Kakanwil Kemenag Jatim Husnul Maram, Selasa 11 Juli 2023.

Saat ini, kondisi jenazah Niron masih berada di kamar jenazah RS Annur Mina. Selanjutnya jenazah akan dimakamkan di Tanah Suci.

Husnul menjelaskan kronologi hilangnya Niron di Mina. Pada 28 Juni Niron masih berkumpul dengan jemaah haji lainnya, bahkan masih berkomunikasi.

Kemudian, pada 29 Juni yang bersangkutan seharusnya mengikuti lempar jumroh pada pukul 16.30 WIB. Akan tetapi, oleh KBIH dimajukan awal ba'da Subuh waktu setempat karena cuaca lebih dingin.

Sejak perjalanan dari Mina ke Jamarat, Niron selalu bersama rombongan. Namun, Niron terpisah dari rombongan setelah kembali ke tenda di Mina.

"Sampai di Mina ternyata nggak ada, istrinya nangis melaporkan. Akhirnya bergerak cepat mencari dan menyisir lokasi yang yang ada di sana, di Mina, sekitar tenda, jamaraat untuk balang jumroh disisir semuanya. Ternyata tidak diketahui," katanya.

Pada 5 Juli 2023 ternyata identitasnya ditemukan, tetapi isterinya baru lapor kepada petugas pada 8 Juli2023.

"Identitasnya, kalung, ada semua, termasuk baju yang dipakai Niron saat lempar jumrah juga ada. Dan itu dibenarkan oleh istrinya,"  ujar Husnul.

Setelah petugas terus melakukan penyisiran di Arab Saudi, baik di rumah sakit ataupun di tenda dan lokasi jemaah yang dekat, Akhirnya Niron pun di ketemukan di RS Annur Mina dalam keadaan meninggal dunia.

Saat ini Jenazah Niron Sunar Suna  jemaah haji asal Probolinggo, Jawa Timur dari Embarkasi Surabaya Kloter 65 (SUB 65) ini, sudah dimakamkan di pemakaman umum Saraya, Makkah, Arab Saudi. Pemakaman dilakukan setelah sebelumnya jenazah Niron disalatkan terlebih dahulu di Masjidil Haram selepas Magrib, Selasa 11 Juli 2023. (Red)
Lebih baru Lebih lama