Simak Videonya, Buummm! Ledakan Hebat Terjadi Saat Kereta Api Brantas Menabrak Truk Trailer


Jakarta - Bummm! Terdengar ledakan keras, ternyata sebuah Kereta api (KA) Brantas rute Jakarta-Blitar menabrak truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat. Tabrakan dua kendaraan itu menimbulkan kobaran api. Selasa, 18 Juli 2023 Malam.

Untuk Menyaksikan Klik 2X

Dari Video yang di peroleh media ini nampak KA Brantas tersebut menabrak bagian kepala truk trailer yang melintas dari arah Utara ke Selatan.

Akibat tabrakan itu terjadi ledakan saat lokomotif kereta menabrak kepala truk. Api langsung berkobar hebat setelah benturan lokomotif dengan kepala truk.

Api berwarna kemerahan membumbung tinggi, beberapa detik kemudian asap hitam mengepul. Saat api berkobar, rangkaian kereta masih melaju, beberapa detik kemudian rangkaian kereta berhenti.

Bagian kepala dan ekor truk terjepit di mulut jembatan rel Jembatan Kanal Banjir Barat Semarang. Sejumlah petugas terlihat sudah berada di lokasi kejadian.

Untuk Menyaksikan Klik 2X

Dari visual yang lainnya nampak petugas gabungan kepolisian dan KAI  berupaya mengevakuasi rangkaian gandengan truk yang terjebak di mulut jembatan. 

Seorang Saksi mata, Rudi mengatakan peristiwa ini terjadi pada pukul 19.44 WIB. Saat itu dirinya sedang mengendarai motor bersama anak dan istrinya. 

Saat berada di lokasi kejadian, dirinya mengetahui ada truk di depannya yang berhenti tanpa kendali. Ia yang dari arah Madukoro hendak menuju jembatan Semarang Indah itu langsung menepi karena kereta akan lewat mengarah ke Stasiun Poncol. 

“Saat itu palang sepurnya ndak nutup. Terus truk berhenti tanpa bisa dikendalikan di atas rel. Lalu kereta yang melintas menabrak truk hingga keluaran kobaran api,” ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian. 

Ia menyebut sopir dan kernet truk yang tahu kendaraanya tak bisa dikendalikan langsung melompat keluar menyelamatkan diri. 

“Truk dan kernetnya langsung loncat,” paparnya

Sementara itu VP Public Relation PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan tidak ada korban jiwa dalam tabrakan KA Brantas.

Tabrakan itu terjadi pada Selasa malam (18/7) antara KA 112 atau KA Brantas relasi Pasar Senen-Blitar dengan truk tronton pada JPL 6 Km 1+523 petak jalan Jerakah-Semarang Poncol.

"Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Masinis dan Asisten masinis serta para penumpang kereta api dinyatakan selamat," kata Joni.

Meski demikian, ada kerusakan sarana, prasarana, dan keterlambatan perjalanan KA.

Joni mengatakan para petugas KAI dibantu dengan pihak terkait masih melakukan evakuasi kereta api dan evakuasi bangkai truk yang tersangkut di jembatan dekat perlintasan tersebut.(red)
Lebih baru Lebih lama