Simak Videonya! Detik-Detik Warga Lumpuhkan Komplotan Curanmor Bersenjata Api Dengan Sepotong Bambu

Kalimantan24.com - Hari yang kurang beruntung bagi komplotan pencuri sepeda motor yang beraksi di siang bolong ini.

Pasalnya komplotan pelaku curanmor ini tertangkap basah dan 3 dari 4 orang curanmor tersebut berhasil di ringkus oleh warga saat beraksi di Jl antena 5, Radio Dalam, Kebayoran baru,Jakarta Selatan,Selasa pagi 18/7/2023.

Selain 3 unit motor,2 pucuk senjata api yang jatuh pada saat warga menghajar mereka berhasil  diamankan warga.

Untuk Menyaksikan Klik 2X Di Gambar

Kejadian tersebut terekam CCTV dan Kamera HP warga dan video tersebut diunggah di akun Instagram @lensa_berita_jakarta. 

Dalam video yang di unggah akun tersebut menunjukan aksi pencurian motor yang dilakukan oleh empat orang dengan dua motor.

"3 orang Komplotan Curanmor bersenjata Api berhasil ditangkap Warga masyarakat saat beraksi di Radio Dalam, Kebayoran Baru tadi pagi. BB yg diamankan berupa 3 unit Motor Pelaku dan 2 pucuk Senjata Api," kata akun tersebut.

Mulanya seorang pelaku mengambil motor yang sedang diparkirkan di pinggir jalan dan membonceng pelaku lain dengan motor curian. Mereka pun langsung pergi meninggalkan arena parkir bersama-sama.

Pada video selanjutnya, tampak seorang warga membawa tongkat panjang memukul satu persatu para pelaku yang sedang melaju dengan motor hasil curian.

Tampak motor pertama yang berisi dua orang oleng karena pukulan tersebut dan menabrakk mobil yang sedang terparkir, pelaku pun langsung berlari meninggalkan motornya. Warga pun langsung memukuli para pelaku yang hendak kabur.

Dua pelaku yang masih mengendarai motor pun langsung menancapkan gasnya dan berusaha kabur, namun berhasil dikejar oleh warga sekitar.


Pada video lain, tampak dua pelaku berhasil diamankan oleh warga setempat. Warga pun langsung menahan pelaku dan hendak menelanjangi pelaku yang diduga membawa senjata api.

Ramdan, salah satu warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menceritakan detik-detik penangkapan komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) bersenjata api. 

Keamanan lingkungan di lokasi kejadian itu dengan berani menggagalkan aksi pencurian yang dilakukan komplotan tersebut.

Dia dengan berani mengadang komplotan curanmor pada saat mereka hendak kabur membawa hasil curian. Kejadian bermula, pada saat dia akan beristirahat.

"Waktu itu sih udah tidur tapi perasaan gak enak, jam setengah 9 saya keluar dulu ngecek CCTV, karena Abang saya yang jaga," ucap Ramdan di lokasi kejadian, Selasa 18 Juli 2023.

Pada saat memantau CCTV, dia melihat gerak-gerik mencurigakan dari beberapa orang yang sedang berada di depan rumah salah satu warga. Sekitar empat orang berada di lokasi, satu masuk ke dalam dan tiga lainnya mondar-mandir di depan rumah.

"Terus kalau ada ibu-ibu, dia pura-pura naik motor," ujar Ramdan

Dari kecurigaan tersebut, dia pun langsung menghubungi kakaknya yang sedang berjaga. Dia meminta sang kakak untuk menutup portal jalan dan berisap untuk berjaga di bagian depan jika ada yang lewat.

"Sama tukang bajaj saya suruh standby di depan buat jagain," ucap Ramdan.

Dengan modal nekat dan berbekal bambu, dia pun memberanikan diri menunggu komplotan pelaku yang akan kabur. 

"Udah kaya gitu langsung saya ngumpet dibelakang pintu nunggu dia (maling) lewat langsung saya hantem pake bambu," kata Ramdan.

Dia mengungkapkan bahwa pelaku berjumlah empat orang, tetapi baru tiga yang berhasil ditangkap. Sedangkan satu pelaku lain berhasil kabur dengan meloncati portal.

Sementara itu, ketiga pelaku lain berhasil ditangkap warga. Pada saat diadang, senjata api miliknya pun terjatuh.

"Nah pas malingnya dihantem, terus ada pistol yang jatuh," tutur Ramdan, dikutip media ini dari akun Instagram @kameraperistiwa, Rabu 19 Juli 2023.(***)

Editor   : Aar Tala
Lebih baru Lebih lama