Sinar Akhirnya di Temukan Selamat, Setelah 8 Hari Hilang di Hutan

Palangka Raya --- Tim SAR Gabungan membuahkan hasil. Pada hari keempat pencarian, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan survivor dalam keadaan selamat, sebelumnya Sinar (P/51), dinyatakan hilang di Hutan Petuk Barunai Palangka Raya, ketika perjalanan menuju hutan pendulangan emas. Minggu (12/11/23).

Tim SAR yang baru mendapat info tersebut pada hari keempat (16/11) survivor dinyatakan hilang. Dan langsung meupayakan pencarian sesuai dengan rencana operasi SAR yang dibuat. 
Tiga hari pencarian, Tim SAR Gabungan tidak menemukan tanda-tanda keberadaan korban. Dalam Rencana Operasi SAR hari keempat (19/11), Tim SAR gabungan menjadi 2 SRU (Search and Rescue Unit). SRU I menuju arah barat dan SRU II ke arah utara dari pondok yang sering digunakan korban saat berkebun. 

Sekitar pukul 19:00 WIB SRU I menemukan tanda-tanda keberadaan survivor. Setelah ditelusuri lebih lanjut pada pukul 22:30 WIB Survivor berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. 

Korban dibawa ke pondok dan dilakukan pemeriksaan kesehatan. Karena evakuasi tidak memungkinkan dilakukan pada malam hari dan cuaca hujan, maka Tim memutuskan untuk bermalam di pondok dan evakuasi dilakukan besok pagi. 

Senin (20/11) pukul 08:00 WIB Korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke RS Tumbang Kalaken. Anton selaku koordinator basarnas mengatakan "Korban telah kita temukan dalam keadaan selamat dan telah kita evakuasi. Korban ditemukan -+12 km dari titik terakhir diduga hilangnya korban." Berdasarkan keterangan korban, Korban tersesat dan bertahan hidup dengan cara meminum air akar yang ada disekitar hutan. 

AA. Alit supartana selaku Kepala Basarnas Palangka Raya mengatakan "Dengan telah ditemukan dan terevakuasinya korban dengan selamat. Operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup." Unsur SAR yang terlibat dalam pencarian adalah Basarnas Palangka Raya, Polsek Rakumpit, Keluarga dan Masyarakat setempat.(SAR Palangkaraya/ Red K24)
Lebih baru Lebih lama