Hore !!! Honorer dengan Masa Kerja dan Usia Segini Jadi Prioritas MenPANRB di Rekrutmen PPPK 2024

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan kabar baik kepada guru honorer yang tidak lolos seleksi PPPK 2023. (menpan.go.id)

Kalimantan24.com - Dalam mekanisme pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK 2024, ada sistem prioritas yang diterapkan oleh MenPAN RB Azwar Anas.

Sehingga, tak hanya skema pemeringkatan atau sistem penilaian kinerja saja, pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK 2024 ini juga dilihat dari segi prioritas.

Dengan begitu, ada kategori tenaga honorer yang diutamakan dalam rekrutmen PPPK 2024.

Jadi penting sekali untuk para non-ASN mengetahui seperti apa mekanisme, sistem yang dipakai hingga siapa saja yang menjadi prioritas dalam rekrutmen ASN ini.

Seperti diketahui, bahwa MenPAN RB tengah fokus merampungkan PP turunan UU ASN 2023 yang nantinya akan mengatur terkait penataan ASN hingga sistem gaji terbaru.

Terkait rekrutmen PPPK 2024 pun akan diatur dalam PP manajemen ASN terbaru itu, jadi tak bisa langsung angkat tenaga honorer menjadi ASN begitu saja.

DPR RI pun telah meminta MenPAN RB unutk melakukan seleksi dengan ketat terutama terkait data yang sudah masuk ke platform penilaian kinerja.

Hal itu guna menghindari tenaga honorer siluman atau bodong, sehingga tak ada yang lolos atau diangkat menjadi PPPK 2024.

Maka itu, mekanisme dan sistem dalam pengangkatan non-ASN ini memakai sistem ranking dan prioritas.

Mengenai kategori tenaga honorer yang masuk kriteria prioritas juga sangat mencuri perhatian, dan harus diketahui oleh semua pegawai non-ASN.

Lantas tenaga honorer mana yang masuk skema prioritas dalam pengangkatan atau rekrutmen PPPK 2024 ini?

Jadi, MenPAN RB telah memilki sebanyak 1,6 juta tenaga honorer yang kini menjadi prioritasnya.

Nah dari total 1,6 juta tenaga honorer itu, ada kriteria prioritas yang akan langsung diangkat menjadi PPPK 2024.

Bahkan honorer yang masuk prioritas ini yang akan sangat diuntungkan jika rekrutmen PPPK 2024 memakai skema pemeringkatan atau penilaian kinerja

Ini dia para non-ASN yang jadi prioritas dalam rekrutmen PPPK 2024 sesuai dengan aturan UU No 20 Tahun 2023:

1. Honorer yang masa pengabdiannya paling lama, di atas 5 tahun.

2. Honorer dengan usia mendekati 46 tahun.

Dengan begitu, honorer dengan masa pengabdian paling lama atau diatas 5 tahun dan usia mendekati 46 tahun akan sangat diuntungkan dengan rekrutmen PPPK dengan skema pemeringkatan ini.

Lantaran, variabel masa pengabdian dan usia mempunyai poin sangat tinggi sehingga akan mempengaruhi dengan signifikan kepada akumulasi angka penilaian kinerja.

Jadi perlu ditekankan lagi, bahwa prioritas dalam pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK 2024 salah satunya yakni, pegawai yang sudah lama mengabdi atau di atas 5 tahun, dan yang usianya sudah dekat menuju 46 tahun.

Gimana, sudah tahu kan sekarang kategori tenaga honorer yang menjadi prioritas dalam pengangkatan dan rekrutmen PPPK 2024 ini?***



Artikel ini telah terbit di metrojambi.com dengan judul "Selamat! Tenaga Honorer dengan Masa Kerja dan Usia Segini Jadi Prioritas MenPANRB di Rekrutmen PPPK 2024"



Lebih baru Lebih lama