372 Personel Dikerahkan Polres Metro Tangerang Kota untuk Amankan Arak-arakan Teopekong Boen Tek Bio

TANGERANG – Sebanyak 372 personel Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya, disiagakan untuk mengamankan jalannya festival arak-arakan Teopekong pada prosesi 12 tahunan YMS Kwan In Hud Couw yang diadakan oleh perkumpulan Boen Tek Bio di Kota Tangerang, Sabtu (21/9/2024).

Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Aryono, yang mewakili Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, menjelaskan bahwa ratusan personel tersebut akan bekerja sama dengan beberapa unsur lain di Kota Tangerang.
"Personel yang dikerahkan untuk pengamanan sebanyak 372 orang. Unsurnya berasal dari Polres Metro Tangerang Kota, Dinas Perhubungan (Dishub), hingga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)," ujar Aryono pada Sabtu (21/9/2024).

Selain itu, arus lalu lintas di sepanjang jalur arak-arakan ditutup sementara, mengingat tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti prosesi yang diadakan oleh masyarakat Tionghoa dari Vihara Boen Tek Bio.

Sejak pagi hari, tepatnya pukul 05.00 WIB, jajaran kepolisian, TNI, Dishub, dan Satpol PP terlihat mulai mengatur arus lalu lintas untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara. "Penutupan jalan dilakukan di Jalan Kali Pasir dan lalu lintas dialihkan ke Jalan Veteran mulai pukul 05.00 WIB hingga acara selesai," jelas Aryono.
Prosesi arak-arakan dimulai pada pukul 06.00 WIB. Satlantas Polres Metro Tangerang Kota telah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas guna meminimalisir gangguan terhadap aktivitas masyarakat sekitar.

“Kami telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas agar masyarakat tetap bisa beraktivitas tanpa terganggu, serta arak-arakan berjalan dengan aman dan lancar. Karena ini hari Sabtu, kami berharap jumlah pengguna kendaraan bermotor juga berkurang,” tambahnya.

Pengamanan acara ini diawali dengan apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, pada pukul 04.30 WIB. Dalam arahannya, Kapolres menginstruksikan seluruh jajaran untuk menjalankan pengamanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan bersikap humanis.

Selain memastikan keamanan jalannya prosesi, Polres Metro Tangerang Kota juga mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), termasuk mengawasi kantong-kantong parkir guna mencegah pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Kami sudah menyiagakan petugas di area parkir untuk mengatur lalu lintas dan mencegah potensi gangguan Kamtibmas,” pungkas Aryono.

Budi Suhara

Lebih baru Lebih lama