Dandim 0102/Pidie Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Pidie – Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf Abd. Jamal Husin M. Han., memimpin apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di wilayah Pidie dan Pidie Jaya. Apel tersebut berlangsung di Alun-Alun Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Selasa(24/09/2024) sore.

Dalam amanat Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Niko Fahrizal M. Tr (Han), yang dibacakan oleh Dandim 0102/Pidie, menyampaikan bahwa apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan perlengkapan dalam mendukung pengamanan Pilkada serentak. Kodam Iskandar Muda mengerahkan 6.375 personel yang terbagi dalam tiga sektor, yaitu Kodim 0101/KBA dengan 1.305 personel, Korem 011/LW dengan 3.599 personel, dan Korem 012/TU dengan 1.471 personel.
“Apel gelar pasukan sangat penting untuk mengetahui sejauh mana kesiapan prajurit, alutsista, dan unsur pendukung lainnya,” ujar Letkol Inf Abd. Jamal Husin mengutip dari amanat Pangdam Iskandar Muda. 

Kemudian Pangdam Iskandar Muda juga menekankan pentingnya sinergi antara TNI, Polri, dan Forkopimda dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah.
 "Kodam Iskandar Muda dan jajaran akan terus bekerja sama dengan kepolisian, Forkopimda, serta komponen bangsa lainnya untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan Pilkada 2024 di seluruh wilayah Provinsi Aceh," tambahnya.

Di akhir amanat Pangdam Iskandar Muda kembali menekankan kepada seluruh prajurit agara senantiasa menjaga netralitas TNI selama dalam pelaksanaan Pilkada serentak sesuia dengan Undang -Undang nomor 34 tahun 2024 tentang TNI, yang mengamanatkan bahwa prajurit TNI harus netral tidak boleh memihak/mendukung atau menfasilitasi salah satu konstestan manapun" tutupnya
Apel gelar pasukan tersebut turut dihadiri oleh Pj. Bupati Pidie, Drs. Samsul Azhar, Kapolres Pidie AKBP Jaka Mulyana, SIK., MIK., serta sejumlah perwira dari Kodim 0102/Pidie, Polres Pidie, dan peserta Apel dari Kodim 01/2/Pidie,Yon Armed 17/RK, Kompi Senapan C Yonif RK 113/JS, dan personel Polres Pidie.  ( Tas )
Lebih baru Lebih lama