Jembatani Kesenjangan, Babinsa Bangun Kedekatan dengan Masyarakat

Surakarta -- Lebih dari sekadar tugas militer, Sertu Harnawan Babinsa Kelurahan Joyotakan Koramil 03 Serengan Kodim 0735/Sutakarta, dituntut untuk menjadi sosok yang dekat dengan masyarakat, memahami kebutuhan mereka, dan menjadi jembatan penghubung antara warga dengan pemerintah, dan Komponen Masyarakat lainnya, Senin pukul 09.00 Wib (16/9/24)

Dengan Hal itu maka Sertu Harnawan Jalin Komsos dengan Bapak Kamso pedagang Warung Sederhana Warga RT. 01/02 Joyotakan Serengan Kota Surakarta. Menurutnya dalam menjalankan tugasnya, Babinsa dituntut untuk memiliki kemampuan dan keahlian yang beragam. Selain kemampuan militer, Babinsa juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, empati yang tinggi, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai karakter masyarakat.

Salah satu tantangan terbesar Babinsa adalah menjembatani kesenjangan antara masyarakat dan aparat keamanan. Terkadang, masyarakat merasa takut atau enggan untuk berinteraksi dengan aparat keamanan, sehingga komunikasi menjadi terhambat.
Untuk mengatasi hal ini, Babinsa perlu membangun kedekatan dengan masyarakat melalui berbagai cara, seperti  menjadi pendengar yang baik, Babinsa harus siap mendengarkan keluh kesah masyarakat, baik tentang masalah keamanan, sosial, maupun ekonomi. Dengan menjadi pendengar yang baik, Babinsa dapat memahami kebutuhan masyarakat dan mencari solusi bersama, Ungkap Sertu Harnawan

“ Untuk menjalankan tugasnya dengan baik, Babinsa harus mampu menjembatani kesenjangan dan membangun kedekatan dengan masyarakat. Dengan membangun hubungan yang harmonis dan saling percaya, Babinsa dapat menjadi sosok yang dicintai dan dihormati oleh masyarakat “ Tambahnya.

(Agus Kemplu)
Lebih baru Lebih lama