Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan Gelar FGD Sinkronisasi Penanganan Perkara Koneksitas Bersama Jampidmil Kejagung RI

Banjarmasin – Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan mengadakan acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Sinkronisasi Penanganan Perkara Koneksitas” yang berlangsung di Ballroom Hotel Ratan Inn, Banjarmasin. Kamis, (12/09/2024)

Acara ini dibuka oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan, Ibu Rina Virawati, S.H., M.H., dalam sambutannya kepada seluruh peserta. Kejati Kalsel Sangat mengapresiasi partisipasi berbagai pihak yang hadir, dengan tujuan memperkuat sinergi antar lembaga dalam penanganan perkara koneksitas.

Sebagai Keynote Speaker dalam acara ini, hadir Jaksa Agung Muda Pidana Militer (JAM-PIDMIL), Mayor Jenderal TNI Dr. Wahyoedho Indrajit, S.H., M.H., yang memberikan pandangannya tentang pentingnya kolaborasi dalam penanganan perkara yang melibatkan baik personel sipil maupun militer. Dalam sambutannya, JAM-PIDMIL menekankan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun sinergi dan pengenalan tugas serta fungsi bidang Pidana Militer dalam lingkup Kejaksaan Republik Indonesia, khususnya di Kalimantan Selatan.

Dua narasumber turut hadir dalam acara ini, yaitu Mayor Jenderal TNI Dr. Mokhammad Ali Ridho, S.H., M.Hum., selaku Oditur Militer TNI, dan Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Dr. H. Gusrizal, S.H., M.Hum. Keduanya memberikan pemaparan mendalam tentang proses penanganan perkara koneksitas, serta pentingnya nota kesepahaman antara Kejaksaan Republik Indonesia dan TNI.

JAM-PIDMIL, Mayor Jenderal TNI Dr. Wahyoedho Indrajit, S.H., M.H., dalam sambutannya menyoroti eksistensi Jaksa Agung Muda bidang Pidana Militer dalam penanganan perkara koneksitas, serta peran nota kesepahaman antara Kejaksaan dan TNI yang menjadi landasan penting dalam sinergi antara kedua institusi. “Kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk mempererat hubungan kerja antar lembaga hukum, khususnya dalam menangani perkara yang melibatkan baik militer maupun sipil,” ungkapnya.

Diskusi ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara Kejaksaan, TNI, dan Pengadilan di Kalimantan Selatan dalam penanganan perkara koneksitas yang membutuhkan koordinasi lintas lembaga. Acara ini juga menjadi momen penting untuk lebih mengenal peran Asisten Bidang Pidana Militer (Aspidmil) pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan.

Melalui acara FGD ini, diharapkan tercipta pemahaman yang lebih mendalam mengenai tugas dan fungsi masing-masing lembaga dalam menangani perkara yang melibatkan personil militer dan sipil, Serta terjalin sinergi yang lebih kuat demi menjaga tegaknya hukum di wilayah Kalimantan Selatan ( KT-Kalsel / Red K24 )

Lebih baru Lebih lama