Kodim 0102/Pidie Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan dalam Rangka Peringatan HUT TNI ke-79

Pidie – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79, Kodim 0102/Pidie menggelar kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan dengan tema "TNI Modern bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju". Acara ini berlangsung di Makodim 0102/Pidie, Jalan Prof. A. Majid Ibrahim, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Minggu (22/09/2024).

Kegiatan bakti kesehatan mencakup donor darah dan pengobatan umum, sementara bakti sosial berupa pembagian sembako serta makan gratis untuk Purnawirawan TNI dan masyarakat.
Komandan Kodim (Dandim) 0102/Pidie,Letkol Inf. Abd. Jamal Husin, M. Han, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), dan Panglima Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam), yang dilaksanakan serentak di seluruh Korem dan Kodim jajaran TNI AD selama dua hari, mulai 21-22 September 2024.

“Untuk Bakti Kesehatan, kami bekerja sama dengan RSU Tgk. Chik Ditiro Sigli, PMI Kabupaten Pidie, dan FKTP Yudha Bakti Poliklinik IM.09.01 Sigli,”ujar Letkol Inf Abd. Jamal Hisin
Sebanyak 212 kantong darah berhasil dikumpulkan dari para pendonor. Namun, beberapa pendonor tidak dapat menyumbangkan darah karena tekanan hipertensi , hemoglobin rendah, atau demam.

"Darah yang terkumpul akan disalurkan ke rumah sakit di Pidie dan Pidie Jaya melalui PMI. Kami berharap ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, serta menjadi amal bagi para pendonor," tambahnya.

Selain donor darah, sembako dan makan gratis juga dibagikan kepada Purnawirawan TNI serta masyarakat umum. Ini adalah wujud kepedulian sosial TNI dan memperkuat hubungan antara TNI dan rakyat.

Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat dan personel, termasuk Pgs. Kasdim 0102/Pidie Mayor Czi Eko Amin Tohari, dr. Julia Tevi Yanti dari RSU Tgk. Chik Ditiro Sigli, Kepala UDD PMI Pidie dr. Nora Asrida, serta Ketua Persit KCK Cabang XIX Kodim 0102/Pidie Ny. Devi Jamal. Tenaga medis dari RSU Sigli, PMI, serta Poliklinik IM.09.01 Sigli turut berpartisipasi.

Kepala UDD PMI Pidie, dr. Nora Asrida, mengapresiasi kepada prajurit TNI dan Persit Kodim 0102/Pidie yang selalu terlibat dalam kegiatan sosial, khususnya sebagai pendonor darah tetap di Kabupaten Pidie.

"Semoga sinergi yang telah terjalin ini tetap terjaga, dan darah yang disumbangkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat. TNI selalu ada di hati rakyat," ujar dr.Nora Asrida

Kegiatan Bakti Sosial dan Kesehatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat luas bagi masyarakat dan memperkuat solidaritas antara TNI dan rakyat. ( Tas )
Lebih baru Lebih lama