Kolaborasi TNI-Polri dan Rutan Barabai Gelar Razia Gabungan dan Tes Urine untuk Pemberantasan Narkoba

Barabai – Komitmen untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba terus ditunjukkan oleh Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Barabai. Dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Rutan Kelas IIB Barabai menggelar razia gabungan serta tes urine kepada petugas dan warga binaan, pada Selasa (17/09).

Kolaborasi dalam razia ini melibatkan tim dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan, Komando Distrik Militer (Kodim) 1002 / Hulu Sungai Tengah (HST), serta Kepolisian Resor (Polres) Hulu Sungai Tengah. Upaya tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa Rutan Kelas IIB Barabai bebas dari peredaran narkoba, baik di kalangan petugas maupun warga binaan.
Sebelum memulai penggeledahan, Kepala Rutan Barabai, I Komang Suparta, memimpin apel gabungan dan menginstruksikan agar razia dilakukan dengan humanis. Razia dilakukan secara menyeluruh mulai dari penggeledahan badan warga binaan hingga pemeriksaan kamar hunian, guna mencari barang-barang terlarang.

Dalam konferensi pers, Kepala Rutan Barabai menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah preventif yang sesuai dengan arahan Plt. Dirjenpas dan instruksi Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Jumadi. “Kita harus memastikan bahwa lingkungan Rutan benar-benar bersih dari narkoba, baik dari sisi petugas maupun warga binaan. Ini adalah tanggung jawab bersama demi terciptanya keamanan dan ketertiban di dalam rutan,” ujarnya.
Hasil razia menunjukkan bahwa tidak ditemukan narkoba maupun handphone di kamar hunian warga binaan. Namun, sejumlah barang terlarang berhasil disita, antara lain tali temali, batu, silet, jarum jahit, baut mur, korek gas, serta alat cukur jenggot. Meski tidak ada barang-barang berbahaya seperti narkoba, penemuan barang-barang ini menjadi evaluasi bagi Rutan Kelas IIB Barabai dalam meningkatkan pengawasan di lingkungan rutan.

Selain penggeledahan, tes urine juga dilakukan terhadap beberapa perwakilan petugas dan warga binaan. Hal ini bertujuan sebagai langkah deteksi dini terhadap potensi penyalahgunaan narkoba di kalangan penghuni rutan. Hasil dari tes urine ini akan menjadi dasar evaluasi lebih lanjut untuk memperkuat upaya pencegahan narkoba.
Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa, melalui Pasiopsdim 1002/HST Letda Info Riyanto, menyampaikan bahwa pihak TNI mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh Rutan Kelas IIB Barabai dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba. “TNI, dalam hal ini Kodim 1002/HST, sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Rutan Kelas IIB Barabai untuk memberantas peredaran narkoba di lingkungan rutan,” tegasnya.
Rutan Kelas IIB Barabai berkomitmen untuk terus bersinergi dengan berbagai pihak, seperti TNI dan Polri, guna menciptakan lingkungan rutan yang bersih dan aman dari peredaran narkoba. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh positif dalam mendukung program P4GN secara nasional, demi menciptakan masyarakat yang sehat dan bebas dari bahaya narkoba.
 
Sumber : Pen1002/HST
Editor    : Agus MR 


Lebih baru Lebih lama