Lomba PBB Antar Sekolah Kota Banjarmasin Perebutkan Piala Panglima TNI

Banjarmasin -- Dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-79, Kodim 1007/Banjarmasin menggelar lomba Peraturan Baris-Berbaris (PBB) antar sekolah tingkat SLTP dan SLTA se-Kota Banjarmasin. Ajang bergengsi ini memperebutkan Piala Panglima TNI serta hadiah berupa uang pembinaan bagi para pemenang. Kamis, (26/09/2024)

Komandan Kodim 1007/Banjarmasin, Letkol Inf Sigit Purwoko, S.E., menjelaskan bahwa lomba ini dilaksanakan selama 1 hari, "Alhamdulillah, ada 25 sekolah yang mendaftar, meskipun 2 sekolah memutuskan mundur mungkin karena belum siap," ujarnya.
Lomba PBB ini diikuti oleh kelompok yang terdiri dari 13 orang—12 peserta dan 1 pemimpin tim yang bertugas memberikan aba-aba. Setiap kelompok diberikan waktu 10 menit untuk menampilkan keterampilan baris-berbaris, yang dihitung sejak laporan Dantim. 

"Gerakan harus dilakukan secara berurutan sesuai waktu yang ditentukan. Jika ada unsur gerakan yang tidak dilaksanakan, akan mempengaruhi penilaian," kata Letkol Sigit.
Tiga Unsur Gerakan PBB

Dalam lomba ini, ada tiga unsur gerakan yang harus diperagakan oleh setiap kelompok. Pertama, unsur gerakan di tempat seperti pemeriksaan kerapian, berhitung, istirahat, dan penghormatan. Kedua, unsur gerakan berjalan seperti maju jalan, ganti langkah, jalan di tempat, hingga langkah tegap dan perlahan. Terakhir, unsur gerakan perubahan arah yang meliputi hadap kanan-kiri, serong kanan-kiri, buka tutup barisan, serta perubahan arah dalam barisan.

Letkol Sigit menekankan bahwa lomba ini bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga bagian dari penghargaan terhadap nilai-nilai disiplin, keteraturan, dan kerjasama tim yang menjadi bagian dari semangat keprajuritan TNI. "Melalui PBB, kita dapat melatih kedisiplinan dan kepatuhan terhadap aturan, yang pada akhirnya akan membentuk karakter kuat dalam diri peserta," jelasnya.
Semangat Patriotisme dan Kepemimpinan

Lebih lanjut, Dandim 1007/Banjarmasin berharap melalui kegiatan ini, para siswa dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, semangat juang, serta menjunjung tinggi sportivitas. "Generasi muda adalah penerus bangsa. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menanamkan semangat patriotisme, nasionalisme, dan cinta tanah air sejak dini," tambahnya.

Ia juga berharap lomba ini mampu melahirkan generasi muda yang memiliki jiwa kepemimpinan, kedisiplinan, dan semangat persatuan serta kesatuan bangsa. "Lewat kegiatan seperti ini, kita berharap para peserta dapat menjadi generasi yang siap menjaga keutuhan bangsa dan negara," tutup Letkol Sigit.

Dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta, lomba PBB ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT TNI yang ke-79, sekaligus menjadi wadah bagi generasi muda Banjarmasin untuk berkompetisi secara sehat dan penuh semangat kebangsaan. ( Tim Redaksi K24 )
Lebih baru Lebih lama