Semarak Kalsel Expo 2024, Sajikan Produk Unggulan Daerah dan Mancanegara Termasuk Sasirangan Borlamsa

Banjarmasin – Kalsel Expo 2024 kembali digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Acara tahunan ini berlangsung dari 18 hingga 22 September 2024 di Lapangan Dr. Murjani, Banjarbaru. Berbagai produk unggulan daerah hingga internasional akan ditampilkan dalam event bergengsi ini, termasuk kain Sasirangan Borlamsa yang menarik perhatian pengunjung.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalsel, Sulkan, Kalsel Expo 2024 diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi Kalsel, bekerja sama dengan CV Global Connection Indonesia. Sulkan menjelaskan bahwa pameran ini akan menampilkan berbagai produk unggulan yang dihasilkan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan pemerintah daerah, peserta mancanegara, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta jasa layanan publik.
“Pameran ini akan menampilkan berbagai produk yang mencerminkan kekayaan Kalimantan Selatan, seperti produk kerajinan, potensi investasi, industri perdagangan, pariwisata, hingga pameran budaya. Diharapkan acara ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan inovasi dan produk unggulan daerah,” kata Sulkan, Jumat (13/9/2024).

Selain pameran produk, Kalsel Expo 2024 juga akan menghadirkan berbagai Workshop dan Talkshow Kewirausahaan, serta aneka lomba menarik seperti Got Talent, Lomba Baca Puisi Bahasa Banjar, Ranking 1, Cosplay Contest, dan Lomba Mewarnai untuk anak-anak tingkat sekolah dasar. Ada pula Lomba Masak SKPD – Cipta Menu Kreasi Masakan Banjar berbahan dasar ikan patin, Lomba Fotografi dan Videografi, serta kompetisi Stan Terbaik yang terbagi dalam 5 kategori.

Kehadiran hiburan bagi masyarakat juga tak kalah menarik. “Tahun ini, Kalsel Expo 2024 menyajikan hiburan seperti Festival Budaya Banjar, Pentas Musik Etnis Kalsel, hingga penampilan band lokal dan artis nasional seperti Aria Dinata, Rita D’Academy, dan Ifan Govinda,” tambah Sulkan. Acara ini akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, atau yang akrab disapa Paman Birin, pada 18 September 2024.
Salah satu produk yang menjadi sorotan adalah Sasirangan Borlamsa Jarum Jelujur, kain tradisional yang menggunakan pewarna alami dan teknik ecoprint . “ Kami sangat Berterima kasih kepada Dinas UMKM dan Koperasi yang telah memberi kesempatan bagi UMKM Borlamsa untuk memamerkan dan menjual kreasi Sasirangan kami,” kata Mey, pengrajin Borlamsa.

Masyarakat Kalsel dapat mengunjungi Kalsel Expo 2024 mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WITA setiap harinya. Berbagai produk UKM dijual dengan harga bersaing, menawarkan pilihan menarik bagi pengunjung.

Acara ini disponsori oleh beberapa perusahaan besar seperti PT Bhumi Rantau Energi, PT Victor Dua Tiga Mega, Bank Kalsel, Air Mineral Prof, dan Perusahan lainnya, yang turut mendukung kemeriahan Kalsel Expo 2024.

Dengan rangkaian acara yang beragam dan produk lokal unggulan, Kalsel Expo 2024 diharapkan mampu menjadi ajang promosi yang memperkuat perekonomian daerah serta meningkatkan daya saing UKM di Kalimantan Selatan.

Penulis : Nor Ana
Editor    : Agus MR 

Lebih baru Lebih lama