UMKM Binaan PT Bukit Asam Turut Meriahkan Hari UMKM Nasional 2024

Muara Enim – Usaha Mikro dan Kecil (UMK) binaan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) turut memeriahkan perayaan Hari UMKM Nasional 2024 yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 8 September 2024 di Dinning Hall Jakabaring Sport City (JSC), Palembang. PTBA berpartisipasi dengan menghadirkan dua booth yang menampilkan produk-produk unggulan dari UMKM binaan mereka serta Rumah BUMN Bukit Asam.

Produk-produk yang dipamerkan dalam acara ini termasuk beberapa produk unggulan, seperti SIBA Batik Kujur, SIBA Rosella (minuman turunan), Beskabean Coffee, dan berbagai kerajinan songket dari FnR, seperti tas dan pouch. Produk-produk ini merupakan hasil karya dari UMKM lokal yang dibina oleh PTBA, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing mereka di pasar yang lebih luas.
Acara pembukaan Hari UMKM Nasional 2024 dilaksanakan pada Kamis, 5 September 2024 pukul 19.00 WIB di Jakabaring Sport City, Palembang. Pembukaan tersebut dilakukan secara resmi oleh Menteri Koperasi dan UKM, Drs. Teten Masduki, bersama sejumlah pejabat tinggi lainnya. Dari pihak PT Bukit Asam, acara tersebut dihadiri oleh VP Sustainability yang diwakili oleh AM Micro and Small Enterprise Funding, Junardi.

Junardi menjelaskan bahwa PTBA berkomitmen dalam pembinaan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Salah satu bentuk dukungan nyata yang diberikan adalah dengan mengikutsertakan UMKM binaan dalam berbagai pameran, termasuk Hari UMKM Nasional 2024.

"Kami selalu mendukung UMKM binaan dalam hal pendampingan maupun pembinaan. Dalam hal pemasaran produk, kami mengikutsertakan UMKM binaan dalam acara pameran berskala nasional maupun internasional. Tujuannya agar dapat memperluas jaringan serta promosi, maupun meningkatkan kualitas pemasaran produk UMKM binaan agar dapat berkompetisi dengan produk lainnya hingga naik kelas," ujar Junardi.

Partisipasi UMKM binaan PTBA dalam Hari UMKM Nasional 2024 ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan UMKM di wilayah Muara Enim dan sekitarnya, serta membuka peluang yang lebih besar bagi para pelaku usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya ke tingkat yang lebih tinggi.

Penulis : Ani
Editor    : Red K24
Lebih baru Lebih lama