Babinsa Jadi Garda Terdepan dalam Sukseskan Program Oplah di Hulu Sungai Tengah

Barabai -- Sebagai ujung tombak di lapangan, Babinsa terus berperan aktif dalam mendukung program pemerintah. 

Salah satunya adalah Sertu Agus Arahman dan Serda Alkusnadi dari Koramil 1002-08/Labuan Amas Utara yang saat ini tengah fokus mendampingi kegiatan Optimalisasi Lahan (Oplah) di Desa Banua Kupang. Pada Jumat (18/10/2024).

Dengan kehadiran Babinsa, diharapkan program Oplah dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuannya, yaitu meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Serda Alkusnadi menjelaskan bahwa program Oplah bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan pertanian yang belum optimal, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan mendukung ketahanan pangan nasional.”katanya

Sementara itu Danramil 1002-08/Labuan Amas Utara Kapten Inf Rudi Hartono mengatakan Peran TNI AD sangat penting karena memiliki kekuatan besar hingga ketingkat bawah, sehingga bisa menjadi moto penggerak bagi pelaksanaan dan peningkatan produktivitas pertanian. 

Kerja sama dengan TNI AD adalah akselerasi peningkatan produksi melalui dua agenda yakni perluasan areal tanam dan Opla (optimasi lahan) yang di dukung dengan pompanisasi.

Selain itu program pompanisasi merupakan kegiatan dari Kementerian Pertanian RI untuk mendukung PAT (Penambahan Areal Tanam) ini merupakan solusi cepat dalam mengatasi masalah pertanian utamanya mengairi sawah kering, sehingga tetap produktif, guna mewujudkan swasembada pangan.

Dengan program pompanisasi tersebut bisa mendukung produktivitas pertanian dengan pengairan sawah dilahan tadah hujan dalam upaya optimalisasi lahan sebagai program jangka panjang yang berkelanjutan.”tegas Danramil

(pen1002hst).
Lebih baru Lebih lama