DPP Aceh Sepakat Gelar Dialog Kebangsaan dan Deklarasi Dukung Pilkada Damai 2024 di Sumut

Medan, Sumatera Utara – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aceh Sepakat menggelar Dialog Kebangsaan dan Deklarasi Pilkada Damai 2024 di halaman Masjid Menasah Darul Huda, Cabang IV Medan Glugur, pada Minggu (13/10/2024). Acara yang bertemakan "Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Guna Terciptanya Pilkada Gubernur Sumatera Utara 2024 yang Aman, Damai, dan Harmoni Tanpa Hoax dan Provokasi" ini menjadi bagian dari dukungan organisasi terhadap pemilihan gubernur yang akan datang.

H. M. Husni, SE., MM., Ketua Umum DPP Aceh Sepakat, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran masyarakat Aceh yang berdomisili di Medan dan Sumatera Utara dalam menjaga netralitas dan menciptakan suasana damai jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 26 November 2024. Husni mengajak seluruh warga untuk tidak terlibat dalam penyebaran berita hoax yang dapat mengganggu stabilitas politik.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Aceh di Sumatera Utara untuk menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani. Selain itu, kita harus menjauhi segala bentuk penyebaran berita fitnah dan hoax yang bisa memecah belah. Mari kita ciptakan Pilkada yang aman dan damai,” tegas Husni.
Dalam deklarasinya, Aceh Sepakat menyampaikan lima poin penting, di antaranya dukungan penuh terhadap Pilkada damai serta penolakan terhadap segala bentuk provokasi dan hoax. Mereka juga menekankan pentingnya menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama pelaksanaan Pilkada Gubernur Sumatera Utara 2024.

“Siapapun pasangan calon (paslon) yang terpilih nanti adalah pemimpin kita yang tidak bisa diganggu gugat. Kita harus menghormati proses demokrasi yang sedang berlangsung,” tambah Husni.

Dialog Kebangsaan ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga kerukunan dan persatuan di tengah perbedaan pilihan politik. Husni mengingatkan para kader Aceh Sepakat dan seluruh masyarakat Sumut untuk tidak terprovokasi oleh berita-berita palsu yang dapat memicu perpecahan.

“Kita harus dewasa dalam berpolitik dan bernegara. Kampanye harus dilakukan dengan damai tanpa saling menyerang secara pribadi. Siapapun yang terpilih nanti, itulah suara rakyat yang harus kita hormati,” ujarnya.

Acara yang berlangsung di Kecamatan Medan Timur ini dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat dan anggota Aceh Sepakat. Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, kegiatan ini ditutup dengan sesi makan bersama sebagai bentuk kebersamaan dan persatuan.

Dalam kesempatan tersebut, Husni kembali menegaskan komitmen organisasi untuk terus mendukung terciptanya Pilkada yang aman dan damai. “Kami berharap, melalui acara ini, masyarakat dapat lebih waspada terhadap informasi-informasi yang tidak benar dan tetap menjaga kerukunan jelang Pilkada,” pungkasnya.

Acara ini merupakan salah satu langkah konkret Aceh Sepakat dalam mendukung stabilitas dan keberhasilan demokrasi di Sumatera Utara, khususnya dalam Pilgubsu 2024. (Rizky Zulianda)

Lebih baru Lebih lama