Kapolda Kalsel dan Paslon Bupati-Wakil Bupati Barito Kuala Serukan Deklarasi Damai Pilkada 2024.

Barito Kuala — Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Kuala mengadakan deklarasi kampanye damai untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada Jumat, 11 Oktober 2024, malam. Acara yang berlangsung di Aula Haji Jumri, Handil Bakti, Barito Kuala ini bertujuan untuk mewujudkan suasana Pilkada yang aman dan kondusif.

Dalam acara tersebut, Kapolda Kalsel, Irjen Pol. Winarto, S.H., M.H., menyampaikan pentingnya deklarasi ini kepada para awak media. Ia menegaskan bahwa deklarasi ini menjadi momen penting bagi semua unsur penyelenggara dan pasangan calon (paslon) untuk berkomitmen menjaga pelaksanaan Pilkada yang aman, lancar, dan kondusif. “Kami berharap seluruh pihak, baik paslon, penyelenggara pemilu, maupun masyarakat, dapat menjaga keamanan dan ketertiban demi suksesnya tahapan Pilkada di Kabupaten Barito Kuala,” ujar Winarto.

Dalam deklarasi tersebut, kesepakatan damai ditekankan sebagai langkah awal untuk memastikan Pilkada di Barito Kuala berjalan dengan tertib aman dan damai. Deklarasi ini juga mencakup empat kesepakatan utama yang diharapkan dapat dipatuhi oleh semua pihak. Winarto mengajak seluruh paslon dan tim kampanye untuk mengedepankan kampanye yang sehat, tertib dan damai, serta menghindari tindakan yang memicu konflik.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Batola, mengatakan dalam deklarasi ini diharapkan mampu menjadi pijakan awal untuk terciptanya suasana yang aman, jujur, dan adil dalam pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Barito Kuala, serta dapat menjaga persatuan dan keharmonisan di tengah masyarakat hingga hari pemungutan suara.

Selain itu kami menekankan pentingnya kesadaran dari para paslon dan pendukungnya untuk tidak terlibat dalam provokasi atau tindakan yang dapat memecah belah masyarakat. “Kami juga menekankan dan mengajak semua pihak untuk menghindari provokasi dan tidak mudah terhasut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Mari kita sukseskan Pilkada yang damai dan sejuk di Kabupaten Barito Kuala,” ujar Kapolres Batola, Anib Bastian S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas Polres Batola, Iptu Magrum.
Di sisi lain, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Barito Kuala, Meri Apriansyah, menyatakan dukungannya terhadap deklarasi damai ini. Menurutnya, upaya Polres Barito Kuala sangat penting dalam menjaga stabilitas keamanan selama Pilkada berlangsung. “Dengan adanya 195 desa dan 6 kelurahan di Kabupaten Barito Kuala, kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Kami berharap siapa pun yang terpilih nanti adalah yang terbaik untuk Barito Kuala,” ujar Mery.

Ia juga menegaskan bahwa APDESI akan bersikap netral dan tegak lurus selama proses Pilkada. “Kami tidak akan terlibat dalam mendukung salah satu paslon. Jika ada aparat desa yang terbukti berpihak, Bawaslu dan KPU memiliki wewenang penuh untuk menindaknya,” tambahnya.

Acara tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, termasuk Kapolda Kalsel, pejabat utama Polda Kalsel, Kapolres Barito Kuala, tiga paslon calon bupati dan wakil bupati Barito Kuala beserta tim kampanye, pendukung, partai pengusung, Bawaslu, KPU, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Barito Kuala.

Tim Redaksi K24


Lebih baru Lebih lama