Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto: Deklarasi Pilkada Damai, Harapan Pilkada 2024 Tetap Kondusif dan Sejuk

Kandangan, Hulu Sungai Selatan — Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara Deklarasi Pilkada Damai yang berlangsung di Pendopo Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Senin malam (21/10/2024). Acara ini dihadiri oleh Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, S.H., M.H., bersama para Pejabat Utama Polda Kalsel, pemerintah daerah, berbagai elemen masyarakat, serta para calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada 2024.

Dalam keterangan pers yang disampaikan oleh Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H., Kapolda Kalsel menegaskan bahwa Deklarasi Damai ini adalah bentuk komitmen bersama untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman, damai, dan kondusif.
"Deklarasi ini menjadi langkah konkret dari semua pihak, baik itu masyarakat, pemerintah daerah, maupun para kandidat untuk menjaga suasana Pilkada yang tertib dan damai. Kita ingin Pilkada 2024 di Kalimantan Selatan tetap sejuk hingga proses pemilihan berakhir," ujar Irjen Pol Winarto.

Kandangan, Kabupaten HSS, merupakan wilayah keempat yang menjadi tuan rumah deklarasi ini, setelah sebelumnya kegiatan serupa diadakan di beberapa kabupaten lainnya. Kapolda Kalsel menyatakan bahwa rangkaian road tour deklarasi damai ini akan terus berlanjut ke seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan untuk menyebarkan pesan damai dan kondusifitas jelang Pilkada.
Menanggapi banyaknya harapan masyarakat terkait Pilkada 2024, Irjen Pol Winarto menyatakan bahwa kesejahteraan masyarakat merupakan tujuan bersama yang hanya bisa dicapai melalui proses demokrasi yang tertib dan damai.

"Harapan masyarakat untuk kesejahteraan adalah harapan kita semua. Dengan suasana Pilkada yang damai dan sejuk, kita bisa bersama-sama mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh warga Kalimantan Selatan," tambahnya.

Kapolda juga berharap bahwa deklarasi ini dapat menjaga momentum positif selama tahapan Pilkada berlangsung, hingga mencapai puncaknya pada hari pencoblosan. Dengan komitmen bersama ini, Pilkada di Kalimantan Selatan diharapkan menjadi contoh proses demokrasi yang damai dan bebas dari konflik.
Acara deklarasi ini disambut baik oleh masyarakat dan para calon kepala daerah yang hadir, yang turut menandatangani komitmen damai sebagai bentuk dukungan terhadap upaya menciptakan Pilkada yang kondusif di wilayah mereka.

Dengan adanya Deklarasi Pilkada Damai, Polda Kalsel berharap agar seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dan kandidat kepala daerah bersatu menjaga ketertiban dan keamanan demi tercapainya Pilkada yang damai, adil, dan demokratis.

Sumber : Humas Polda Kalsel
Editor    : Agus MR

Lebih baru Lebih lama