Kasdim dan Personel Jajaran Kodim 0102/Pidie Ikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Lapangan Kantor Bupati Pidie.

Pidie,– Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96, Kasdim 0102/Pidie Mayor Czi Eko Amin Tohari dan jajaran personel Kodim 0102/Pidie turut hadir dan mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Tengah Kantor Bupati Pidie, di Jalan Prof. A. Majid Ibrahim kabupaten Pidie. Senin (28/10/2024)

Upacara peringatan hari sumpah Pemuda ke-96, tahun 2024 tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Pidie, Drs. Samsul Azhar, dengan tema“Maju Bersama Indonesia Raya.”
Sejumlah pejabat daerah dan tokoh penting juga terlihat menghadiri upacara tersebut, termasuk Ketua DPRK Pidie Anwar Sastra Putara, SH., Kapolres Pidie AKBP Jaka Mulyana, S.I.K., M.I.K, Kasdim 0102/Pidie Mayor Czi Eko Amintohari, Kejari Pidie Suhendra, S.H., Personel TNI ,Kodim 0102/Pidie ,Personel Polres Pidie,perwakilan ASN dari instansi pemerintahan,Ormas,Pramuka dan pelajar dindalam kabupaten Pidie.

Pj. Bupati Pidie Drs. Samsul Azhar yang membacakan amanat dari menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang menekankan pentingnya nilai-nilai persatuan yang dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 1928 kepada genari muda saat ini sebagai fondasi dalam menghadapi tantangan masa kini dan kedepan. 
"Generasi muda adalah harapan masa depan bangsa yang harus senantiasa dikuatkan dalam segala sektor pembangunan,” ungkap Samsul Azhar.

Lebih lanjut, Menteri pemuda dan olahraga Republik Indonesia juga menyoroti perkembangan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) tahun 2024 yang mencapai 56,33%, dengan peningkatan di berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan. Namun, beliau juga menggarisbawahi perlunya upaya yang lebih besar untuk meningkatkan kesempatan kerja serta partisipasi dan kepemimpinan pemuda.
“Momentum Hari Sumpah Pemuda ini menjadi kesempatan bagi kita untuk membangun segala sistem dan pelayanan kepemudaan yang lebih inovatif dan bersinergi. Semua elemen, baik pemerintah, masyarakat, hingga dunia industri, harus bekerja bersama agar tercipta generasi muda yang berkarakter kebangsaan dan berdaya saing yang tinggi” tegas Drs, Samsul Azhar yang mengutip amanat dari menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Pidie kali ini bukan sekadar seremoni, melainkan seruan untuk terus bersatu dan maju bersama menuju Indonesia yang lebih jaya. Dalam kesempatan itu, pemerintah Kabupaten Pidie menunjukkan dukungannya terhadap pengembangan pemuda dengan memberikan piagam penghargaan kepada sejumlah pemuda dan wirausaha muda yang telah berprestasi,berinovasi serta kreatif baik di tingkat nasional maupun internasional.
Penghargaan tersebut diberikan kepada Mutasar yang meraih juara dunia panahan tradisional di Turki pada 2024, Fitriani S.Pd sebagai Instruktur Sport Climbing tingkat Asia 2023, Muhamad Haikal yang pernah mewakili Indonesia dalam World Scout Jamboree di Amerika pada 2019, Jumadin, ST., sebagai wirausaha muda yang berperan dalam pemberdayaan pengrajin Peci dan Baju khas Aceh, serta Iqbal Fahmi yang menciptakan kotak cerdas penetas telur otomatis.

Upacara berlangsung dengan penuh khidmat, lancar, dan aman, mengukuhkan semangat bersama dalam membangun Indonesia yang lebih sejahtera dan berdaya saing.
Lebih baru Lebih lama