Polda Kalsel Gelar Road Tour Deklarasi Pilkada Damai 2024 di Tapin

Tapin – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar acara road tour Deklarasi Pilkada Damai 2024 di Kabupaten Tapin, bertempat di Gedung Galuh Batsari, Selasa ( 22/10/2024) Pukul 10.00 WITA.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat komitmen seluruh pihak dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama Pilkada 2024 berlangsung, terutama di wilayah Kalimantan Selatan. Dalam sambutannya, Kapolda Kalsel menegaskan pentingnya menjaga kondusivitas selama proses demokrasi ini berlangsung.

"Deklarasi Damai ini menjadi bentuk komitmen kita bersama untuk menjaga agar Pilkada 2024 berjalan dengan damai dan aman, khususnya di Kabupaten Tapin," ujar Irjen Pol Winarto.
Kapolda menekankan bahwa hingga saat ini, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kalimantan Selatan secara umum berada dalam keadaan kondusif. Meskipun terdapat beberapa laporan terkait Pilkada yang masuk ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), namun belum ada kejadian yang mengancam stabilitas keamanan di daerah ini.

"Meskipun ada beberapa laporan yang masuk ke Bawaslu, secara keseluruhan situasi masih aman dan kondusif," terang Kapolda.

Untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama Pilkada 2024, Polda Kalsel telah menyiapkan lebih dari 10.000 personel gabungan dari berbagai instansi. Personel ini akan ditempatkan di berbagai titik strategis guna mengantisipasi potensi gangguan dan menjaga keamanan selama proses pemilihan berlangsung.
Kapolda Kalsel juga mengimbau masyarakat agar turut menjaga suasana damai dan berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini secara bertanggung jawab. Ia berharap masyarakat memilih pemimpin yang berkompeten dengan mempertimbangkan kepentingan bersama.

"Marilah kita melaksanakan pesta demokrasi ini secara bertanggung jawab dan bermartabat, agar kita bisa memilih pemimpin yang benar-benar berkompeten dan sesuai dengan kehendak rakyat," kata Kapolda.

Tak hanya untuk masyarakat, pesan khusus juga disampaikan kepada para pasangan calon yang berlaga dalam Pilkada. Kapolda meminta agar para calon siap menerima hasil pemilihan dengan lapang dada, baik yang menang maupun yang kalah. Ia menekankan bahwa hasil dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah keputusan final yang harus dihormati semua pihak.
"Bagi yang menang, harap berbesar hati. Sementara bagi yang kalah, harus ikhlas menerima apapun hasilnya. Keputusan yang disampaikan oleh KPU adalah hasil akhir dari pesta demokrasi ini," tegas Irjen Pol Winarto.

Deklarasi Pilkada Damai ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik dalam menjaga keamanan dan kedamaian selama proses Pilkada berlangsung, sehingga masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya di Kabupaten Tapin, dapat mengikuti proses demokrasi ini dengan nyaman dan damai.

Dengan terlaksananya road tour deklarasi ini, Polda Kalsel berkomitmen untuk terus menjaga Kamtibmas selama Pilkada 2024 dan memastikan setiap tahapan berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Acara ini dihadiri oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H., Pejabat Utama Polda Kalsel, pejabat daerah, tokoh masyarakat, para pasangan calon (paslon) peserta Pilkada, serta perwakilan partai politik Kabupaten Tapin.

Sumber : Humas Polda Kalsel
Editor    : Lukman Hakim, S.H 

Lebih baru Lebih lama