Polisi - TNI Aceh Tengah Mendatangi Tempat Kejadian Peristiwa Bencana Tanah Longsor

Takengon -- Tanggap bencana alam dalam wilayah hukum (Wilkum) aceh tengah Personel Subsektor Rusip Antara Polres Aceh Tengah dan TNI mendatangi Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) bencana Tanah Longsor.

Bencana tanah longsor tersebut terjadi di ruas jalan Uning – Pamar, Kampung Kuala Rawa Kecamatan Rusip Antara Kab Aceh Tengah, pada Sabtu 12 Oktober 2024 siang sekira pukul 12.00 Wib.

Kapolres Aceh Tengah, AKBP Dody Indra Eka Putra, melalui Kasubsektor Rusip Antara Ipda Firmansyah, mengatakan, bencana alam tanah longsor terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan dalam beberapa hari ini.
Setelah mendapatkan laporan bahwa adanya Tanah Longsor bercampur bebatuan yg berukuran besar menutupi badan jalan.

Personel Polsek Silih Nara dan TNI bergerak cepat menuju ke lokasi untuk melakukan penanganan awal serta menghubungi BPBD Aceh Tengah, juga pihak PPK ( Candra ) BPJN Wilayah I Aceh, PT .Praven ( Mawardi ), guna mendatangkan alat berat serta menghubungi Pihak PLN, karena terdampak pada kabel listrik milik PLN.

“Bencana alam tanah longsor bercampur bebatuan menutupi badan jalan sepanjang 20 Meter dan tidak dapat di lewati oleh kendaran R2 dan R4″ujar Ipda Firmansyah.
Terang Ipda Firmansyah lagi, Setelah alat berat 1 ( Satu ) Unit Alat berat jenis Exsavator Milik PT Praven tiba di lokasi melakukan pembersihan dilokasi, dibantu personil Subsektor, TNI Koramil setempat dan warga, Sekitar pukul 18.30 Wib Kini jalan sudah dapat di lewati oleh kendaraan R2 Dan R4, sedangkan untuk aliran listrik masih dalam perbaikan pihak PLN.

"Kami juga menghimbau warga masyarakat dan pengguna jalan untuk selalu hati hati saat mengendarai kendaraan disaat cuaca extrem, terutama saat berada di daerah perbukitan dan daerah rawan longsor" pungkasnya. ( Tas )
Lebih baru Lebih lama