Proyek Hotmix di Desa Cibugel Dinilai Gagal, Diduga Ada Penyelewengan Dana Desa

Sumedang – Pekerjaan hotmix di Desa Cibugel, tepatnya di Jalan Carik Cibugel, dinyatakan gagal karena tidak sesuai spesifikasi. Selain ketebalan dan panjang jalan yang tidak sesuai standar, proyek tersebut mengalami kerusakan serius dengan lapisan hotmix yang terkelupas di lebih dari delapan titik. Proyek ini dikerjakan oleh salah satu perangkat desa yang dikenal dengan inisial "H," yang merupakan juru tulis desa, Kamis (17/10/2024).

Proyek ini dianggap tidak transparan dan melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Di lapangan, tidak ditemukan papan informasi proyek, dan volume pekerjaan serta nilai pagu anggaran juga tidak dipublikasikan. Pekerjaan tersebut diduga dilaksanakan secara sembunyi-sembunyi, tanpa keterbukaan kepada masyarakat.

Saat media mencoba mengonfirmasi pihak Pemerintah Desa Cibugel, tidak ada satu pun perangkat desa yang bisa ditemui. Bahkan ketika dihubungi melalui WhatsApp, pihak desa tidak memberikan respon. Media juga mengunjungi kantor Kecamatan Cibugel untuk menemui camat dan sekretaris camat, namun keduanya juga tidak berada di tempat dan tidak dapat dimintai keterangan.

Terkait temuan ini, tim media investigasi mendorong Aparat Penegak Hukum (APH) di wilayah Kabupaten Sumedang untuk menindaklanjuti dugaan penyelewengan dana desa yang diduga dilakukan oleh oknum perangkat desa. Bukti-bukti di lapangan semakin memperkuat kecurigaan adanya penyelewengan dalam pengelolaan anggaran Dana Desa (DD) untuk proyek hotmix tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Desa Cibugel selaku pemegang anggaran belum memberikan klarifikasi resmi. Pihak Kecamatan Cibugel juga belum memberikan tanggapan terkait persoalan ini.

Penulis : Asep Suherman, S.H.
Editor   :  Agus MR 

Lebih baru Lebih lama