Satker dan Satwil Jajaran Polda Kalsel Terima Penghargaan dari Kanwil DJPB Kalsel

Banjarbaru -- Satuan Kerja (Satker) dan Satuan Wilayah (Satwil) di bawah Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPB) Provinsi Kalimantan Selatan. Penghargaan ini diberikan dalam rangkaian acara Asistensi Fungsi Keuangan Polri dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2024 yang digelar di Ruang Rapat Utama Polda Kalsel, Banjarbaru, pada Selasa (1/10/2024).

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas pencapaian Satker dan Satwil jajaran Polda Kalsel dalam pengelolaan keuangan negara, dengan penekanan pada transparansi, akuntabilitas, dan ketepatan waktu dalam pelaporan dan penggunaan anggaran.
Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, melalui Kepala Bidang Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa selama tahun 2023, Polda Kalsel telah meraih 24 penghargaan dari Kanwil DJPB Kalsel dan 26 penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Provinsi Kalsel. Pada semester I tahun 2024, Polda Kalsel kembali meraih 13 penghargaan dari Kanwil DJPB Kalsel. Pencapaian yang luar biasa ini juga diiringi oleh perolehan peringkat ke-24 terbaik secara nasional dalam indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) dengan nilai mencapai 97,39, yang dikategorikan sebagai sangat baik.

Lebih lanjut, Kombes Pol Adam Erwindi juga mengungkapkan bahwa Polda Kalsel turut andil dalam keberhasilan Polri mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan Polri selama 11 kali berturut-turut sejak tahun 2013 hingga 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.
"Pencapaian ini merupakan bukti komitmen Polri dalam reformasi birokrasi yang lebih baik, khususnya dalam pengelolaan keuangan, untuk terus mempertahankan opini WTP," ujar Kombes Pol Adam Erwindi.

Acara yang berlangsung dengan khidmat ini dihadiri oleh Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan, S.H., S.I.K., M.H., Irwasda Polda Kalsel, Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H., serta pejabat utama Polda Kalsel dan para Kasatwil jajaran Polda Kalsel. Selain itu, turut hadir Kepala Kanwil DJPB Provinsi Kalsel beserta tim dari Pusat Keuangan Polri, yang diwakili oleh Brigjen Pol Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H., Kombes Pol Ane Kristina, S.A.P., dan beberapa pejabat lainnya.
Pada kesempatan ini, sejumlah penghargaan diberikan kepada Satker dan Satwil yang menunjukkan kinerja terbaik dalam pengelolaan anggaran. Beberapa kategori penghargaan yang diberikan antara lain:

1. Kategori Kinerja Pelaksanaan Anggaran TA 2023 Satker Polda Kalsel

Terbaik I: Sat Brimob

Terbaik II: Dit Pamobvit

Terbaik III: SPN

2. Kategori Kinerja Penyerapan Anggaran Semester I TA 2024 Satker Polda Kalsel

Terbaik I: Biro Ops

Terbaik II: Bid Propam

Terbaik III: Bid Dokkes

3. Kategori Kinerja Penyerapan Anggaran Semester I TA 2024 Satwil Polda Kalsel

Terbaik I: Polresta Banjarmasin

Terbaik II: Polres Batola

Terbaik III: Polres HSS
Penghargaan lainnya diberikan untuk berbagai kategori seperti implementasi Digipay, akselerasi kontrak, serta capaian output indikator pelaksanaan anggaran, yang berhasil diraih oleh sejumlah Satker dan Satwil di jajaran Polda Kalsel.

Pengakuan ini diharapkan dapat mendorong Satker dan Satwil lainnya untuk terus meningkatkan kinerja dalam pengelolaan keuangan negara serta mempertahankan integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas mereka.

Editor    : Redaksi K24
Sumber : Humas Polda Kal-Sel 

Lebih baru Lebih lama