TNI dan Petani Bersatu Tingkatkan Produktivitas Padi di Labuan Amas Utara

Barabai – Kolaborasi yang erat antara TNI dan masyarakat kembali terjalin dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani. Babinsa Koramil 1002-08/Labuan Amas Utara, Serda Ashadi, bersama Bapak Syahdiansyah, seorang petani di Desa Tabat, berhasil meningkatkan produktivitas padi melalui perawatan tanaman yang intensif. 

Kegiatan ini membuktikan bahwa sinergi antara TNI dan masyarakat dapat memberikan dampak positif bagi sektor pertanian. Rabu (09/10/2024).

Dandim 1002/Hulu Sungai Tengah Letkol Inf Fery Perbawa, S.Hub. Int., M.Han, melalui Danramil  1002-08/Labuan Amas Utara Kapten Inf Rudi Hartono mengatakan pendampingan kepada petani dalam melakukan perawatan tanaman padi yang dilakukan oleh Babinsa Serda Ashadi tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan hasil panen sehingga para petani lebih sejahtera.
"Setelah lebih dari sebulan bibit padi ditanam, kini saatnya dilakukan perawatan yaitu membersihkan gulma (tumbuhan pengganggu dan rumput liar) yang berada pada tanaman padi sehingga tanaman padi bisa berkembang dengan baik dan hasilnya maksimal". ungkapnya.

"Jika gulma tidak dibersihkan, maka akan berdampak pada pertumbuhan tanaman padi yang berdampak juga pada hasil panen tidak maksimal sehingga para petati bisa dikatakan rugi karena biaya pengolahan lahan, pembibitan dan perawatan lebih tinggi daripada hasil panen yang didapat". terangnya.
Dandim juga menambahkan, kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Serda Ashadi kali itu diharapkan selain dapat meringankan beban keluarga Bapak Syahdiansyah juga dapat memotivasi untuk lebih semangat dalam bertani.

(pen1002hst).
Lebih baru Lebih lama